Rabu, 30 Oktober 2013

survey ukm



SURVEI UKM
Detail Usaha
Nama Pemilik             : Arisani S.T
Jenis Usaha                 : Usaha Kecil Menengah
Bentuk Usaha              : Rumah Makan
Nama Usaha               : Dapoer Kite
Lokasi Usaha              : Taman Aster A3/10
Berdiri                         : Sejak Januari 2009

Wawancara
Saya     : untuk usaha bapak sekarang ini sudah memiliki berapa cabang dan di mana saja?
Pemilik            : saat ini usaha kami sudah mempunyai 38 cabang dan berada di wilayah jabodetabek diantaranya pekayon, galaxy, pondok gede, jatiwaringin dan pondok kelapa
Saya     : Bagamana sistem pelayanannya? Apakah ada delivery?
Pemilik : delivery ada tetapi tergantung banyaknya pesanan, kalau pesanan lebih dari 100 kami delivery
Saya     : Berapakah omset perbulannya pak?
Pemilik : kalau omset perbulan kami sekitar 30-40 juta
Saya      : Bagaimana cara bapak mempromosikan usaha bapak? Apakah lewat media online atau mulut kemulut atau menyebarkan brosur?
Pemilik : kalau awal kami berdiri kami hanya menyebarkan brosur saja, kalau untuk sekarang hanya dari mulut ke mulut saja
Saya     : Apakah kendala yang di alami bapak saat awal berdirinya usaha ini?
Pemilik : kendala awal sih banyak ya pastinya yang paling signifikan itu sepi pengunjung, karena masih banyak yang belum tahu
Saya     : kalau kendala sekarang apa pak?
pemilik : kalau kendala sekarang suka kurang modal mba
Saya     : Kunci suksesnya apa sih pak sampai bisa bertahan sampai sekarang?
Pemilik : ya kalau kunci sukses tidak ada yang khusus hanya berdoa, tidak pantang menyerah dan berusaha
Saya     : di sini bapak lebih mementingkan kualitas atau harga? Kan banyak pak yang membeli bahan-bahan dengan harga murah ada juga yang tidak mementingkan harga tetapi mementingkan kualitas nah bapak termasuk yang mana?
Pemilik : pasti kualitas mba kami tidak mementingkan harga mau mahal atau murah karena kan bahan-bahan yang kami pakai di kirim dari agen kami dan semuanya berkualitas
Saya     : Menurut bapak lokasi di didirikannya usaha bapak ini sudah strategis apa belum?
Pemilik : sangat strategis karena pemasukan dari tahun ke tahun selalu meigkat
Saya     : Apakah pemasukan yang didapat sudah sebanding dengal modal yang dikeluarkan?
Pemilik : ya sudah sebanding   
Demikianlah hasil wawancara saya dengan pemilik usaha kecil menengah. Sistem penjualan yang diguanakan oleh pemilik usaha adalah pesan di tempat atau delivery dengan ketentuan yaitu harus lebih dari 100 box. Sistem pembayaran yang digunakan adalah cash tidak menerima kredit.
Untuk sistem persediaan bahan-bahan makanan dan yang lainnya mereka mempunyai agen tersendiri yang setiap bulan datang langsung untuk mengecek persediaan barang dan siap untuk mengirim pesanan.
Omset dari usaha ini lumayan besar untuk kelas ukm bahkan mereka sudah mempunyai 38 cabang yang tersebar di wilayah jabodetabek. Kesimpulan yang saya peroleh bahwa usaha rumah makan Dapoer Kite ini sudah termasuk ke dalam usaha yang sukses.
NB: (DFD menyusul dengan tugas ke 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar