Rabu, 23 Juli 2014

Bunga Kredit Masih Akan naik

Kamis 17 April 2014 berdasarkan harian sindo yang saya baca, suku bunga kredit pada tahun ini diprediksikan meningkat signifikan di bandingkan rata-rata tahun 2013. Kenaikan suku bunga kredit tertinggi diperkirakan terjadi pada kredit konsumsi yang naik hingga 91 basis poin. Sementara, suku bunga kredit investasi diperkirakan akan naik 90 bps, dan kredit modal kerja diperkirakan naik 53 bps. Responden perbankan juga memproyeksikan rata-rata spread(selisih) antara suku bunga dana rupiah dengan suku bunga kredit pada tahun ini diperkirakan mencapai 7,07% untuk kredit modal kerja. 

Sementara, untuk kredit investasi selisih diperkirakan mencapai 6,62%, lalu untuk kredit konsumsi selisih antara suku bunga dana dengan suku bunga kredit diperkirakan mencapai 8,36%. Untuk triwulan kedua tahun ini, rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh bank atas dana nasabah yang ditempatkan (CoF) diperkirakan sebesar 6,43%. Angka itu masih relatif sama dengan triwulan sebelumnya sebesar 6,44%. 
Sementara itu, CoLF diperkirakan mengalami kenaikan 3bps menjadi 9,53%. Sejalan dengan kenaikan biaya dana tersebut, triwulan kedua ini suku bunga kredit modal kerja diperkirakan naik 20 bps menjadi 13,53% per tahun. Kemudian suku bunga kredit investasi naik 11 bps menjadi 13,04% per tahun dan suku bunga kredit konsumsi naik 8 bps menjadi 14,82% per tahun. 


Sumber: Koran Sindo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar